Madu | Penjualan madu lebah liar dan madu ternak binaan Litbang Hutan


Selamat datang di

LITBANGHUTAN.com ,

referensi kehutanan dan lebah madu.

Jika Anda sampai pada halaman ini,berarti Anda ingin membeli madu asli dan tentunya ingin mengetahui segala hal mengenai madu.

betul apa betul?

Jika langsung ingin membeli madu bisa langsung klik tombol dibawah ini :

Tapi, jika Anda merasa perlu untuk menambah pengetahuan mengenai madu, silakan berselancar dengan membaca artikel kami atau langsung ke kategori keilmuan(<<klik aja) dan cari topik yang ingin dipelajari atau lanjutkan membaca untuk pengetahuan singkat mengenai Madu.

Nah, selanjutnya, kami meminta Anda untuk merubah semua pemahaman Anda mengenai Madu yang berasal dari “kata orang” yang berujung pada pemahaman yang salah seperti :

“Kata Orang” , madu asli tidak dikerubutin semut.

Padahal, semua yang manis semut pasti suka, mengapa kok ada hal yang manis manis tapi kok semut tak suka?

Ternyata, pemahaman ini tidak 100% benar. Semut tidak mendekati Madu yang baru dipanen karena feromon Lebah Hutan membuat semut menjauh, tapi ini hanya berlangsung kurang lebih 3 hari saja sejak panen. Jika lebih dari 3 hari, semut pasti berdatangan karena manisnya madu mengandung gula (glukosa, fruktosa, sakarosa). Tapi kalau madu yang sudah dikemas, bisa dipastikan lebih dari 3 hari setelah dipanen, harusnya semut suka, dan kalau ada 

“Kata Orang” , madu asli tidak BEKU masuk Freezer.

Madu mengandung air, tentunya ada kadarnya. Madu murni mengandung air 23%-27% dari total volume. Sedangkan madu yang sudah diturunkan kadar air bisa mencapai 17% kadar airnya. Sifat air itu membeku ketika suhu beku terlewati, yaitu 0 derajat celcius maka air akan membeku. 

Nah, di madu yang kadar airnya hanya seperempat tidak membuat madu masuk ke freezer menjadi beku, tapi hanya sedikit mengental dan jika ditekan (dipencet) madu tersebut akan bergerak. Namun, uji freezer ini hanya menguji perkiraan kadar airnya dan efek ke madu. Kekurangan dari uji ini akan merusak enzim-enzim yang ada dalam madu. Madu masuk ke freezer sangat tidak direkomendasikan.

“Kata Orang” , madu asli tidak tidak Menggumpal masuk kulkas.

Madu mengandung enzim yang sensitif terhadap suhu, maka dari itu, madu baiknya disimpan dalam suhu ruang. Enzim dalam madu bereaksi mengkristal atau menggumpal menjadi putih jika masuk kedalam kulkas. Apalagi madu dengan teknik peras dimana lilin lebah banyak masuk kedalam madu, jika dimasukkan dalam kulkas akan menggumpal berwarna putih. Gumpalan ini lebih berat dari madu itu sendiri dan akan tenggelam ke dasar madu. Justru inilah ciri madu asli. Karena tidak ada zat cair lain yang bisa menggumpal seperti ini jika dimasukkan kedalam kulkas.

“Kata Orang” , Madu Asli Jika Diletak Piring Air dan Digoyang Akan Membentuk Sarang

Masyarakat banyak menggunakan test ini untuk “menguji” keaslian madu. Caranya dengan menuangkan madu 1 sendok makan ke permukaan piring putih dan dituang air putih bening tipis diatas permukaan madu. Setelah itu piring digoyang melingkar ke-kanan atau kekiri maka madu akan berubah menjadi seperti sarang lebah.

Ini tidak ilmiah, lebih kuat unsur kepercayaannya saja. Madu memiliki vikositas yang lebih banyak dari air, maka madu secara fisik lebih kental. Jika dituang ke air, bagian madu yang bersentuhan dengan air akan terlarut. Melarutnya madu ini tergantung tingkat vikositas madu. Makin encer (kadar air lebih banyak) madu maka makin mudah larut dan tentunya ketika digoyang akan cepat larut sehingga tidak tampak gambar “sarang”nya, ini tidak dapat dikatakan sepenuhnya madu palsu, karena kadar air normal madu bisa sampai 27% dan ini sangat encer terlihat mata dan bisa saja tidak nampak “sarang madu”nya.

“Kata Orang” , Madu Asli Jika Dituang Ke Koran Tidak Tembus.

Ini juga berkaitan dengan vikositas madu atau kadar airnya saja, tidak menunjukkan madu asli atau palsunya. Madu dengan kadar air tinggi akan mudah tembus di kertas koran dan membasahi kertas hingga menetes kebawah. Logika terbaliknya, jika kita tuangkan cairan kental dengan kadar air sedikit (misal : minyak goreng) tentu cairan tersebut tidak menetes menembus koran.

Jadi, madu yang ditetes ke koran bisa tembus bisa tidak tergantung kadar air madu tersebut. Dan tidak membuktikan asli atau palsunya, karena kadar air madu bisa sangat encer hingga 27%.

Uji Bakar setidaknya masih bisa diandalkan, karena setelah airnya habis menguap, madu yang tersisa akan tetap lunak. Tapi tetap saja cara ini tidak mencerminkan madu asli atau palsu, karena jika kadar glukosa dalam madu itu banyak, madu akan cenderung mengeras juga, tentu tidak sekeras gulali, karena gulali mengandung kadar glukosa yang sangat tinggi.

 

Intinya, kami disini ingin Anda dapat membeli madu dengan aman dan nyaman, sekaligus berdonasi untuk keberlangsungan penelitian

Manfaat MADU ternyata banyak yang belum terungkap. Ada banyak enzim dan mikrobiologi lainnya yang sangat bermanfaat bagi manusia. Sebut saja madu mengandung energi, propolis, index glikemik rendah, pollen dan rantai protein asam amino yang banyak belum dieksplore manfaatnya bagi kehidupan.